Manfaat Jaringan Internet Bagi Kehidupan


Manfaat Jaringan Internet Bagi Kehidupan

Jaringan internet adalah jaringan telekomunikasi besar yang menghubungkan ratusan juta orang di dunia. Internet sendiri merupakan singkatan dari Interconnection Networking. Internet dapat diakses menggunakan komputer dan perangkat lain yang mendukung jaringan ini.

Dulu internet memang hanya dapat diakses menggunakan komputer yang terhubung dengan kabel atau wireless ke jaringan ini. Namun, dengan kemajuan teknologi sekarang internet bisa diakses melalui handphone, netbook, notebook, dan PC tablet.

Jaringan internet pertama kali dikembangkan oleh oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969. Saat itu jaringan ini belum dinamai internet, tapi ARPAnet. Jaringan ARPAnet dibangun untuk kepentingan informasi perang Amerika. Kemudian jaringan tersebut terpecah dan mulai digunakan lebih luas.

Universitas-universitas di Amerika adalah yang kemudian memanfaatkan jaringan internet untuk kepentingan pendidikan.

Selanjutnya dengan berbagai layanan internet seperti email, web dan milis, militer, pendidikan, dan pemerintahan di Amerika setingkat lebih maju daripada negara lain. Negara-negara lain pun tertarik untuk menggunakan jaringan internet, seperti Kanada dan Eropa disusul Asia, Australia dan Afrika.

Kini semua orang dari berbagai benua bisa saling terhubung satu sama lain untuk berbagi berita, informasi, ide, dan pengetahuan. Untuk mengakomodasi itu semua, dikenal semacam badan usaha yang bersifat komersil.

Badan usaha inilah yang akan memberikan layanan akses ke teknologi internet dengan menggunakan koneksi atau hubungan dari pengguna ke jaringan internet. Badan ini juga sering dikenal sebagai atau Internet Service Provider (ISP).

ISP yang kita kenal di Indonesia antara lain TelkomNet dan sebagainya. Koneksi internet yang ISP sediakan meliputi koneksi internet dial-up menggunakan jaringan telepon, koneksi Wireless menggunakan antena WLAN, dan koneksi ADSL menggunakan modem.

Jaringan Internet Indonesia

Internet masuk ke Indonesia pada tahun 1994. Saat itu jaringan ini baru bisa dinikmati sebagian orang, terutama para akademika.

Beberapa perguruan tinggi seperti Universitas Indonesia  adalah yang lebih dulu tersambung dengan internet melalui gateway yang terhubung ke jaringan luar negeri. Kemudian, jaringan internet komersial di Indonesia terus berkembang, baik dari sisi infrastruktur, pengguna, dan kualitas.

Yang paling getol dilakukan adalah pembangunan jaringan nirkabel (wireless) untuk infrastruktur internet, yaitu hampir 95% dibanding jaringan kabel.

Sebagai hasil dari peningkatan infrastruktur tersebut, hampir semua kota dan kecamatan di Indonesia sudah bisa mengakses internet. Jumlah pengguna internet pun semakin bertambah setiap hari. Menurut data dari Internet World Stats, pertumbuhan pengguna internet di Indonesia adalah 1,400.0 %, sejak tahun 2000.

Sekarang lebih dari 30.000.000 jiwa menjadi pengguna internet di negara kita.

Bagaimana dengan kualitas jaringan internet di Indonesia?

Menurut Net Inx yang mengukur kualitas internet dari kecepatan download and upload, kualitas internet di Indoensia masih tergolong rendah.

Kecepatan download di Indonesia menduduki peringkat 140 dunia, yaitu hanya sebesar sebesar 1,51 Mbps. Sedangkan untuk upload  Indonesia hanya mampu 0,60 Mbps. Angka tersebut berlipat-lipat kali lebih rendah dibanding negara maju seperti Korea Selatan.

Kualitas internet di Negeri Ginseng tersebut sangat cepat dan stabil. Meski dengan keadaan seperti itu, bukan berarti Indonesia tidak bisa unjuk gigi di kancah dunia.

Pengguna internet Indonesia termasuk yang paling aktif di berbagai media sosial dan berita. Sejak adanya Facebook dan Twitter, internet semakin mencuri perhatian. Banyak masyarakat yang menghabiskan banyak waktu di depan komputer atau gadget mereka demi terus tersambung ke internet.

Sebagai pengguna, kita selayaknya menggunakan kemudahan yang ditawarkan jaringan internet sebaik-baiknya untuk keperluan positif.
 


IKLAN ANDA DISINI
Tag Terkait